Akibat Corona, Wagub Bali Meminta Perbankan Kasih Penundaan Pembayaran

0
226
WAGUB BALI IGkadeksudiasa2405
WAGUB BALI IGkadeksudiasa2405

POJOKBALI.COM – Akibat Corona, Wagub Bali Meminta Perbankan Kasih Penundaan Pembayaran Belum lama ini, wakil Gubernur Bali yaitu Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati memberikan himbauan dan meminta kepada seluruh perbankan yang ada di provinsi Bali untuk memberikan kemudahan dalam rangka penundaan pembayaran dikarenakan masyarakat sampai sekarang ini masih terkena dampak wabah virus Corona yang memang sampai akhir bulan Maret 2020 membuat lesunya kondisi perekonomian terutama pariwisata yang ada di Bali dikarenakan adanya penurunan kunjungan dari wisatawan dan juga himbauan pemerintah untuk melakukan pemeriksaan ketat kepada warga asing yang akan berkunjung ke Bali.

Permintaan Wakil Gubernur Bali supaya perbankan kasih penundaan pembayaran sepertinya sekarang ini mulai diikuti dan diterima oleh pihak perbankan yang ada di provinsi Bali apalagi alasan permintaan dari wakil gubernur Bali tersebut, adalah sebuah realita yang harus dihadapi oleh masyarakat yang ada di Bali dengan adanya penyebaran virus Corona. Sudah ada beberapa perbankan yang memberikan keleluasaan dalam pembayaran kepada nasabah untuk diberikan tenggang waktu yang lebih lama dan hal ini menjadi sebuah angin segar bagi mereka yang bersinggungan dengan perbankan tersebut.

Walaupun begitu, wagub Bali sangat memaklumi apabila sebagian pelaku pariwisata yang mempunyai perusahaan untuk merumahkan beberapa tenaga kerjanya dengan tujuan lebih efisiensi akibat kondisi wisata yang sedang sepi apalagi kondisi sekarang ini berbeda dengan kondisi sebelumnya, seperti kejadian di Bali yang sempat erupsi Gunung Agung yang cepat kembali pulih akan tetapi untuk masalah virus Corona menjadi sesuatu yang belum bisa diprediksi Kapan berakhir.

Wakil Gubernur Bali sangat berharap, apabila permintaan dirinya tersebut kepada perbankan supaya bisa memberikan kemudahan penundaan pembayaran untuk masyarakat bisa dilakukan oleh seluruh perbankan yang ada di provinsi Bali. Ia pun sangat berharap apabila di bulan April 2020 kondisi bisa pulih seperti sedia kala dan dunia wisata yang ada di Bali bisa kembali normal.

“Saya hanya meminta kepada seluruh perbankan yang ada di provinsi Bali untuk memberikan keringanan terutama penundaan pembayaran. Saya hanya berharap di bulan April yang akan datang, polisi yang ada di Bali bisa kembali pulih dan mereka bisa bekerja dengan normal,” kata wakil Gubernur Bali kepada awak media.

Di lokasi lain, menurut penjelasan Made Sumardhana, selaku ketua DPK perhimpunan bank perkreditan Indonesia untuk kota Denpasar dirinya menjelaskan jika industri perbankan terutama di bank perkreditan rakyat atau BPR akibat virus Corona tersebut mengalami dampak yang sangat signifikan apalagi di provinsi Bali hampir sebagian besar bekerja untuk sektor pariwisata yang memang dominan memberikan kontribusi yang sangat besar untuk sektor UMKM.

Selanjutnya untuk keadaan sekarang ini, menurut Made seluruh anggota perbarindo Denpasar dan juga nasabah BPR diharuskan mengelola keuangan dengan baik dan juga mereka bisa pintar dalam rangka memenuhi jemen keuangan mereka.

Made Sumardhana memberikan contoh apabila seorang nasabah mempunyai pinjaman di BPR maka peminjam haruslah pintar dalam mengelola keuangan jangan sampai dalam kondisi Indonesia yang sedang terkena wabah virus Corona menggunakan uang mereka menjadi sesuatu yang malah bisa menggagalkan dan nantinya mereka bisa gagal melakukan pembayaran dikarenakan hal tersebut akan membuat sektor tidak lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here