Musrenbang RPKD Tabanan Dilakukan Secara Online

0
183
Ni Putu Eka Wiryastuti
Ni Putu Eka Wiryastuti

POJOKBALI.COM – Musrenbang RPKD Tabanan Dilakukan Secara Online Sedikit berbeda di tahun 2020 ini setelah merebaknya virus Corona di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di provinsi Bali, pasalnya untuk kegiatan yang dilakukan oleh kabupaten Tabanan ketika mereka melakukan Musrenbang RPKD atau rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Tabanan, dikarenakan untuk tahun sekarang ini mereka melakukan secara online dan pertama kali dilakukan pada hari Senin 30 Maret 2020 kemarin. Walaupun dilakukan secara daring atau melalui video call, namun pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan juga nampak sangat semangat dilakukan oleh pemkab Tabanan.

Musrenbang RPKD Tabanan memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan tahun yang lalu yang saat itu masih belum ada virus Corona, dimana untuk tahun sekarang ini kabupaten Tabanan langsung melakukan kegiatan tersebut dengan cara online dan berlangsung dengan lancar dan hikmat. Menurut kepala bapelitbang Kabupaten Tabanan yaitu IB. Wiratmaja, apabila amanat Kemendagri nomor 86 tahun 2017 pasal 94 ayat 4 terkait tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah dan juga kegiatan musrenbang rkpd kabupaten/kota harus dilakukan pada hari Minggu ke-4 maret 2020.

Akan tetapi dikarenakan sekarang ini terjadi pandemi wabah virus Corona deseases di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia dan juga di Kabupaten Tabanan yang memang mewajibkan untuk seluruh masyarakat dan juga pemerintah melakukan social distance dan juga melakukan Physical distancing, maka untuk kegiatan Musrenbang RKPD Tabanan untuk tahun 2020 dilakukan melalui media daring baik secara online melalui media elektronik, melalui wag, melalui email, ataupun melalui teleconference via aplikasi Zoom.

Namun menurut IB. Wiratmaja, apabila pihaknya akan terus berupaya melaksanakan musrenbang tahun 2021 secara maksimal dan juga hikmat walaupun kondisi sekarang ini sedang berada di suasana pandemi virus Corona. Sehingga pihaknya bisa mengambil alternatif kegiatan tersebut dilakukan melalui online dan ia sangat berharap apabila kegiatan ini, tidak mengurangi dari seluruh makna yang ada.

Untuk masalah materi secara langsung dikirim melalui email kepada semua tamu undangan yang disesuaikan dengan rekap terlampir. Ia sangat berharap bisa memperoleh masukan dari semua undangan dengan cara mengisi form yang telah dicantumkan di seluruh surat undangan dimana seluruh masukan yang diberikan bisa berupa program kegiatan ataupun masukan lain yang ada kaitannya dengan perencanaan tahun 2021 yang akan datang.

“Untuk masukan dari tamu undangan kami menerima paling lambat pada hari ini Selasa 31 Maret 2020 dan juga dilakukan pembahasan terbatas di Bapelitbang kabupaten Tabanan. Walaupun kegiatan ini dilakukan secara online, saya sangat berharap agar kegiatan ini tidak mengurangi makna dan isi,” kata Kepala Bapelitbang Kabupaten Tabanan IB. Wiratmaja

Di tempat lain, Ni Putu Eka Wiryastuti selaku bupati Tabanan sangat memberikan apresiasi penuh dan juga menyambut baik kegiatan Musrenbang RPKD Via Online di mana kegiatan tersebut mengambil sebuah tema bertajuk: Generasi milenial untuk industri pariwisata berkelanjutan yang sangat diharapkan oleh Bupati Eka, jika target pembangunan jangka menengah yang dicanangkan bisa terwujud Walaupun memang dipastikan akan ada permasalahan dan juga rintangan.

“Kita sekarang ini di awal tahun dihadapkan dengan sebuah tantangan yang sangat berat yaitu wabah virus covid-19. Kejadian ini, merupakan sebuah kejadian yang sangat tidak terduga yang pastinya akan menimbulkan dampak Domino yang sangat luas untuk aspek sosial maupun aspek ekonomi bagi masyarakat. Untuk menghadapi musibah tersebut, kita dituntut supaya solid, gotong royong, supaya masalah ini dapat kita selesaikan secara tuntas,” kata Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti

Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti menambahkan, walaupun Musrenbang RPKD dilakukan secara online akan tetapi makna yang terkandung akan tetap sama, selanjutnya ia meminta kepada seluruh masyarakat terutama jajaran di Pemkab Tabanan agar selalu solid dan bergotong-royong untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah virus Corona dan ia pun menegaskan, apabila badai virus Corona bisa dilalui dan seluruh masyarakat Indonesia terutama yang ada di Tabanan dapat kembali bangkit menjadi insan yang tangguh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here