Syarat Warga Miskin Yang Berhak Mendapatkan BLT Rp 600 Ribu

0
180
BLT Rp 600 Ribu IGinfolampung
BLT Rp 600 Ribu IGinfolampung

POJOKBALI.COM – Syarat Warga Miskin Yang Berhak Mendapatkan BLT Rp 600 Ribu Seperti diketahui apabila belum lama ini, presiden Joko Widodo mengambil keputusan apabila pihak pemerintahan pusat akan memberikan bantuan langsung tunai alias BLT untuk keluarga miskin yang ada di Jabodetabek dengan persyaratan tertentu. Dana BLT yang akan didapatkan yaitu sekitar Rp600.000 per bulan untuk per keluarga selama 3 bulan lamanya. BLT presiden Jokowi tersebut, diberikan untuk daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi Selanjutnya kemungkinan besar di beberapa wilayah di Indonesia, yang memang sekarang ini menjadi lokasi terbanyak dampak pandemi virus Corona.

Ada syarat warga miskin Jabodetabek yang bisa mendapatkan BLT Rp600.000 yang akan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi melalui pemerintahan daerah dimana bantuan tersebut merupakan salah satu program yang sekarang ini sedang digodok oleh pemerintah di beberapa daerah yang ada di Jabodetabek yang terkena langsung dampak pandemi virus Corona Covid-19. Sehingga dengan adanya BLT tersebut, bisa memberikan keringanan bagi masyarakat miskin yang ada di Jabodetabek di saat mereka harus dirumahkan alias tidak kerja secara offline dan harus work from home.

Menurut Menteri Sosial juliari batubara, setelah dirinya melakukan rapat bersama Presiden Jokowi, presiden resmi menyetujui tentang adanya usulan memberikan bantuan langsung tunai atau BLT selama 3 bulan dengan indeks Rp600.000 per keluarga. Menurut mensos, apabila BLT tersebut nantinya akan diberikan kepada semua keluarga yang tercatat Di dalam data terpadu dari pihak Kemensos dan pastinya, ada beberapa persyaratan bagi keluarga yang nantinya akan mendapatkan dana BLT tersebut.

Syarat penerima dana BLT

Di bawah ini seperti diungkapkan oleh pihak Kementerian Sosial ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi oleh para calon penerima BLT diantaranya adalah.

  1. Calon penerima BLT belum menerima Bansos apapun seperti diantaranya program keluarga harapan, pangan non tunai dan kartu pra kerja.
  2. Calon penerima BLT haruslah masyarakat yang sudah tercatat melalui Data terpadu dari pihak Kemensos.

Di lain tempat, menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan kepada awak media, sedikitnya ada sekitar 1,7 keluarga ya akan mendapatkan dana BLT untuk wilayah Jabodetabek dan selanjutnya untuk di luar Jabodetabek ada sekitar 9 juta keluarga akan tetapi masih harus dibersihkan dan kembali di data oleh pihak Kemensos.

Pesan presiden untuk padat karya

Selain itu di tempat terpisah, presiden Jokowi meminta kepada semua menteri dan kepala daerah agar bisa melakukan program padat karya dengan maksimal dan juga presiden meminta untuk penyaluran program perlindungan sosial dan mempercepat Padat Karya tunai supaya lapangan kerja bisa terbuka secara realisasi dan cepat.

Walaupun dalam keadaan sulit seperti sekarang ini, akan tetapi Presiden Jokowi meminta kepada Menteri dan kepala daerah supaya bisa memperbanyak program Padat Karya tunai dikarenakan hal tersebut menjadi kewajiban seluruh Kementerian lembaga dan kepala daerah.

Selanjutnya program tersebut diminta oleh presiden untuk dilakukan secara masif agar bisa membantu warga yang sekarang ini terdampak pandemi wabah virus Corona dan juga presiden menghimbau agar pelaksanaan program tetap sesuai dengan protokol kesehatan yang telah diberlakukan di semua wilayah yang ada di tanah air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here