Disdukcapil Badung Resmi Rilis Aplikasi Chatbot

0
339
Aplikasi Chatbot IGdisdukcapil Badung
Aplikasi Chatbot IGdisdukcapil Badung

POJOKBALI.COM – Disdukcapil Badung Resmi Rilis Aplikasi Chatbot Belum lama ini disdukcapil Badung atau dinas kependudukan dan pencatatan sipil resmi merilis salah satu aplikasi yang nantinya bisa dipergunakan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Badung sebagai layanan obrolan virtual yang mempunyai tujuan mulia yaitu supaya bisa memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat yang sekarang ini berada di zona merah wabah virus Corona. Dengan adanya aplikasi chatbot yang dirilis oleh disdukcapil Badung, maka masyarakat bisa bertanya apapun terkait seputar Corona Covid-19 yang sekarang ini sedang dihadapi oleh masyarakat di Indonesia terutama di kabupaten Badung.

Disdukcapil Badung resmi merilis aplikasi chatbot yang mempunyai tujuan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan interaksi dengan chatbot melalui nomor 08970531571. Seluruh pertanyaan dari masyarakat tersebut, nantinya akan dijawab oleh chatbot sehingga bisa mendapatkan solusi yang lebih cepat dan efisien waktu. Aplikasi chatbot kabupaten Badung sendiri, resmi dirilis pada hari Jumat 10 April 2020 oleh kepala Dinas disdukcapil kabupaten Badung yaitu A.A Ngurah Arimbawa tu.

A.A Ngurah Arimbawa menegaskan dari hasil uji coba yang dilakukan oleh disdukcapil selama kurang lebih 2 minggu, sudah ada 15 permohonan yang dapat dilayani oleh aplikasi chatbot tersebut diantaranya adalah layanan pencetakan KTP elektronik yang memang biasa melayani per hari sampai 80 permohonan dan langsung dicetak, selanjutnya penerbitan suket atau surat keterangan dan perhari terdapat 5 permohonan dan juga langsung dicetak.

Selanjutnya penerbitan identitas penduduk non permanen yang tiap hari melayani 1 permohonan, selanjutnya penerbitan sktt atau surat keterangan tempat tinggal untuk warga negara asing perhari 3 permohonan dan ini pun langsung dicetak, selanjutnya penerbitan kartu keluarga setiap hari melayani 35 permohonan dan bisa langsung dicetak, selanjutnya penerbitan Kia dengan rata-rata setiap hari yaitu 15 permohonan dan bisa langsung dicetak.

Untuk masalah konsolidasi data terdapat 5 permohonan yang langsung dicetak, selanjutnya melayani penerbitan surat pindah dengan pelayanan berhari2 permohonan dan hal ini pun bisa langsung dicetak, selanjutnya penerbitan akte kelahiran yang melayani setiap hari 5 permohonan dan langsung dicetak, penerbitan Tri in one akta perkawinan yang tiap hari melayani 80 permohonan dan bisa langsung dicetak, juga melayani beberapa permohonan lain yang pastinya dengan adanya aplikasi chatbot tersebut menurut disdukcapil Kabupaten Bandung, bisa menghemat waktu dan memberikan kejelasan pada masyarakat yang bertanya dan memohon.

Dengan adanya aplikasi chatbot yang dirilis oleh pihak kabupaten Badung, hal ini menjadi jawaban dari permintaan pemerintah pusat yang mengharuskan setiap orang berada di rumah yaitu dengan melakukansocial distancing dikarenakan dengan adanya alat ini, siapapun bisa melakukan permohonan dan langsung dicetak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here