Panduan Ibadah Puasa Untuk Umat Muslim di Bali

0
50
Panduan Ibadah Puasa Untuk Umat Muslim Di Bali IGthe B0ss
Panduan Ibadah Puasa Untuk Umat Muslim Di Bali IGthe B0ss

POJOKBALI.COM – Panduan Ibadah Puasa Untuk Umat Muslim di Bali Seperti diketahui apabila pada hari ini, pemerintah melalui Kementerian Agama sudah menetapkan apabila puasa 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat 24 April 2020 dimana penetapan awal Ramadan tersebut sudah sesuai dengan pemantauan Hilal di 81 titik wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, bagi umat muslim yang ada di provinsi Bali maka esok hari sudah bisa melaksanakan ibadah puasa dan Pagi harinya sebelum salat subuh untuk bangun dan melaksanakan Sahur pertama di awal Ramadan 2020.

Seperti dikutip dari berbagai sumber untuk anda semua umat muslimin yang ada di Bali, maka kami akan memberikan informasi terkait panduan ibadah puasa untuk umat muslim di Bali yang telah disesuaikan dengan anjuran pemerintah untuk seluruh umat muslim yang ada di Indonesia. Seperti diketahui sebelumnya, apabila Menteri Agama Fakhrul Razi resmi menetapkan awal Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada hari Jumat 24 April 2020 dimana dalam Konferensi pers setelah sidang isbat di kantor kemenag yang ada di Jalan Thamrin Jakarta Pusat Pada hari Kamis malam tadi.

Melalui sidang isbat tersebut petugas keamanan di berbagai wilayah, langsung melaporkan apabila mereka melihat Hilal dengan ketinggian minimal 2% dan umur hilang minimal 8 jam seperti yang diungkapkan oleh salah seorang anggota tim falakiyah Kementerian Agama RI yaitu Cecep nurwendaya.

Selanjutnya untuk panduan pelaksanaan ibadah untuk umat muslim yang ada di provinsi Bali selama bulan Ramadhan 1441 Hijriyah, langsung dijelaskan oleh Kepala Bidang Bimas Islam kanwil Kemenag provinsi Bali yaitu nurhamid.

Menurut Nur Hamid, untuk masalah panduan ibadah puasa bagi umat Islam di Bali maka sudah disesuaikan dengan himbauan gubernur dan surat edaran Menteri Agama No 6 tahun 2020 terkait ibadah selama bulan Ramadan di tengah wabah virus Corona.

Di dalam panduan tersebut tertulis apabila seluruh masyarakat diharuskan melaksanakan ibadah puasa, melaksanakan salat Tarawih dan Salat wajib rumah masing-masing. Selanjutnya untuk masalah pengumpulan zakat fitrah maka direkomendasikan di awal waktu ya itu tidak harus menunggu hari raya Idul Fitri dengan catatan, diharapkan untuk masjid ataupun Mushola yang melakukan pengumpulan zakat fitrah menjemput ke Muzakki atau pemberi zakat dan mengantarkan ke mustahik atau mereka yang berhak menerima zakat fitrah.

Tidak boleh ada aktivitas di masjid akibat wabah virus Corona termasuk di dalamnya berbuka puasa bersama kecuali dengan keluarga, melakukan sahur bersama kecuali dengan keluarga di rumah, dan dilarang melakukan aktivitas yang melibatkan banyak orang di dalam masjid.

Untuk masalah salat tarawih sangat dianjurkan melakukan bersama keluarga tercinta dan direkomendasikan tidak melakukan salat tarawih di dalam masjid dikarenakan wabah virus Corona yang bisa menyerang siapapun tanpa diduga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here